Penyebab Traffic Website Turun Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Traffic Website Blog Menurun   - Banyak sekali para blogger yang bingung kenapa trafik atau pengunjung blognya semakin hari semakin menurun, apakah ada yang salah dari blognya sehingga trafik secara perlahan  mengalami penurunan ? Ini mungkin sudah menjadi hal yang biasa di alami banyak blogger yang ada di  indonesia, Namun mengapa hal seperti ini selalu di permasalahkan ? 

Tentu saja permasalahan ini selalu menjadi Topik utama para blogger untuk mencari solusi yang tepat dan mengembalikan trafik ke kondisi Semua atau stabil seperti biasanya. 

Saya ada sedikit pengalaman cerita dari teman saya yang meminta bantuan kepada saya yang mana blognya mengalami penurunan secara Drastis hingga 50%, yang tadinya Page view setiap hari didapatkan hingga 5000 Page View dan pada waktu itu hanya mendapatkan sekitar 2500 Page views saja dan terus menurun secara perlahan.


Kejadian tersebut dirasakan saat sedang update posting di tengah malam, biasanya dia sudah melakukan cek trafik blog di malam hari, dia kaget karena blognya yang tadinya trafiknya sudah bagus dan mulai naik hingga angka 6000 an malah turun ke angka yang begitu kecil.


Nah teman saya kemudian mengirimkan beberapa Informasi bahwa blognya mengalami penurunan Trafik hingga 50% lebih dan terus berlanjutan hingga hampir saja hilang dari Google mesin pencari, Lihat percakapan dibawah ini. Maaf nama saya samarkan untuk privasinya.

Ternyata Google itu selalu merayapi setiap isi dari halaman Kita sendiri, yang mana banyak sekali blogger yang lupa dengan penggunakan Konten dan juga Gambar yang digunakan sebagai pelengkap, Kita ambil real contoh kasus diatas, teman saya sema sekali tidak melakukan Plagiat artikel maupun konten sedikit pun

Menurut dirinya dia selalu menulis artikel sesuai dengan apa yang dia pikirkan, artinya tulisan yang dibuat buat real tanpa Copas sama sekali. 

Lantas apa yang membuat Artikelnya seperti Artikel copas ? 

Ternyata ada beberapa artikel yang terlalu banyak menggunakan Image Dari Google dan lupa untuk mengubahnya, dan juga beberapa informasi mengenai Konten tutorial yang sama dengan konten tutorial lainnya. 

Baik itu dari Kode script dan lain sebagainya, Tentu ini menjadi masalah besar yang harus segera di atasi, dan sulitnya jika postingan sudah banyak kita tidak tahu mana yang harus kita rubah.


Aktivitas blogging yang Menyalahi aturan

Kemudian penyebab kedua, setelah saya melihat baik dari webmaster dan mencoba menjadi admin Blog dia, ada beberapa aktivitas blogging yang ternyata menyalahi aturan.

Ada settingan Robot.TXT yang ternyata di ubah dan di modifikasi untuk menghindari Duplicat Konten 

ini juga menyalahi aturan dari perayapan situs sendiri, Google tidak pernah menyuruh untuk melakukan Modifikasi Robot.txt pada settingan webmaster dan juga Blogger. 

karena secara otomatis sudah diarahkan oleh Google sendiri.  Coba ada cek apakah blog anda responsive Mobile Friendly, namun posisi anda menggunakan Settingan Modifikasi Robot.txt, tentu Google akan menolak dengan alasan kusus yaitu " Kesalahan dalam perayapan "


 Tidak pernah memperbaiki situs Not Found 404

Mungkin sebagian Blogger kadang belum tahu apa itu kesalahan perayapan 404, yang mana  biasanya terjadi di dalam Blog kita, semakin banyak situs yang mengalami Not Found atau tidak menemukan konten sama sekali, ini merupakan indikasi spam dari Blog yang nantinya akan di terima Oleh mesin pencari. 

Artinya semakin banyak kesalahan yang dilakukan sama saja menyesatkan pengguna situs untuk membuka link artikel anda yang error. 

Dan tentu saja ini akan langsung di tanggapi oleh mesin pencari, maka dari Itu Mesin pencari memblokir Informasi konten anda. sebenarnya jika kalian sudah melakukan pembersihan terhadap semua kesalahan situs indikasi ini tidak akan terjadi.


Teralu banyak Kode Script

Selanjutnya bagi kalian yang suka dengan memodifikasi template lebih baik kurangi kegiatan ini, yang mana semakin kalian sering melakukan modifikasi template maka mengurangi perayapan dari mesin pencari untuk menelusuri semua konten yang ada di blog kalian. 

Beberapa sumber menjelaskan bahwa perayapan yang di lakukan mesin pencari sesuai dengan arah baca mata kita yaiu dari bagian kiri atas hingga ke kanan bawah, jika ada beberapa Kode yang sama sekali bertentangan dengan sistem pencarian itu bisa membuat perayapan gagal total dan hanya mendapat sebagian saja, Untuk itu perayapan yang salah selalu di masukan ke bagian Error Seacrh di Webmaster. 

dan masuk ke Database Serp Engine, maka dari itu kadang kalian merasa bingung, kenapa bisa terjadi banyak kesalahan padahal kalian sama sekali tidak tahu penyebabnya. 


Spaming Konten and keyword

Kemudian yang kedua di karenakan terlalu banyak menggunakan kata kunci yang berulang, sering saya melihat artikel yang terlalu banyak menggunakan kata kunci berulang,Ternyata dari beberapa blog yang menggunakan kata kunci berulang tidak paham dengan apa Fungsi deskripsi pencarian. 

Ada pula yang paham namun tidak menggunakannya dengan baik. sering saya melihat artikel dengan deskripsi yang berisikan kata kunci saja, sebenarnya itu sangat tidak relevan untuk hasil pencarian di mesin pencari. 

Percuma saja sebenarnya kalau kalian membuat deretan kata kunci di Konten artikel namun di deskripsi pencarian kalian isi dengan menggunakan kalimat lain. 


Begini cara kerja deskripsi pencarian : pada saat anda tidak mengisi deksripsi pencarian secara manual maka akan otomatis di ambil oleh mesin pencari, yang mana mereka akan langsung merayapi seluruh kata kunci yang ada di konten artikel kalian. 

Nah pada saat perayapan itulah mereka akan menemukan banyak sekali keyword Stuffing atau berulang, konten seperti ini tidak akan bertahan lama. 

Namun kalau anda menggunakan secara manual deskripsi pencarian maka kalian akan menemukan kalian yang relevan. 

Dan robot pencari akan memfokuskan ke deskripsi yang kalian buat, tambahanya dengan merayapi kata kunci yang kalian buat di konten artikel. Sederhananya, Deskripsi manual aktif, pencarian lebih relevan. 



Penyebab Lain :

Artikel asal-asalan

Sebagian artikel masuk Sandbox

Blog Jarang Update



Cara Mengatasi Website Traffic Turun

Cek Peringatan dan perintah Dari Webmaster   

Biasanya jika penurunan trafik yang terjadi seperti milik teman saya diatas akan di kirimkan beberapa pesan email dari webmaster yang intinya peringatan terhadap blog kalian yang mana sudah mulai hilang dari mesin pencarian, jangan abaikan peringatan tersebut atau google akan benar-benar menghapus blog kamu dari mesin pencari. 

Pahami seperti apa peringatannya dan seperti apa perintahnya. Kalau dari masalah blog diatas karena beberapa konten spam dan juga indikasi plagiat.

Hapus Konten Pada Saat Penurunan Terjadi

Yang pertama saya lakukan untuk mengatasi permasalahan dari teman saya yaitu dengan menghapus konten artikel yang mana pada saat dia membuatnya dan mengalami penurunan di malam harinya atau di keesokan harinya, Ini sangat berpengaruh terhadap visitor blog sebenarnya tapi tak masalah karena jika tidak diatasi malah lebih fatal akibatnya.  Saya menghapus 2 konten dengan cara atau prosedur yang benar, melalui webmaster.  saya hapus bersih hingga tidak lagi muncul di serp google.


Submit blog Kembali Ke webmaster

Kemudian yang kedua saya melakukan submit kembali link blog ke webmaster, ingat disini yang harus kalian submit cukup link BLOG.  

untuk masalah konten artikel lebih baik jangan submit terlebih dahulu, tapi siapkan terlebih dahulu konten dengan banyak kata misalnya 1000 kata real dari pemikiran kalian sendiri dan juga menggunakan image buatan kalian sendiri. 


Tunggu hingga 1 hari 

Langkah berikutnya yaitu dengan menunggu balasan dari Google, jika google membalas kenapa kami harus memprioritaskan situs anda, apakah situs anda sudah di perbaiki ? 

Nah biasanya ini dalam bahasa Inggris, tak perlu takut, kirimkan uji banding dengan menggunakan bahasa Indonesia seperti yang saya lakukan di Screenshoot yang saya berikan kepada teman saya, Google akan melakukan perayapan kembali, dan Tunggu hingga 1 hari.


Update Blog 

Pada saat uji banding, maka buatlah 1 artikel asli yang sudah saya utarakan tadi, pastikan semua asli dari tangan anda yang mengetiknya. Jangan copas apalagi menggunakan artikel AI  ya, karena berakibat fatal sekali kepada blog kita.

Post a Comment for "Penyebab Traffic Website Turun Dan Cara Mengatasinya"